5 Pernyataan Soal Pemindahan Ibu Kota Dalam Sidang Di MPR, DPR, Dan DPD

JAKARTA, – Presiden Joko Widodo ( Jokowi) berencana memindahkan ibu kota Indonesia ke salah satu lokasi di Pulau Kalimantan.

Rencana Jokowi yg mulai memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan telah berlangsung cukup lama. Namun, hingga ketika ini belum dipastikan di mana lokasi ibu kota baru di Kalimantan itu mulai bermukim.

Beberapa provinsi di Kalimantan, seperti Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah telah siap seandainya Jokowi mulai memindahkan ibu kota ke wilayah mereka.

Dalam pidato kenegaraan yg disampaikan dalam Sidang Bersama Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat pada Jumat (16/8/2019), Jokowi pun mengungkap rencana ini secara resmi.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-5112’); });

Baca juga: Fahri Hamzah: Sulit Tinggalkan Jakarta sebagai Ibu Kota, Terlalu Bersejarah

Sejumlah hal menarik terkait pemindahan ibu kota dibicarakan dalam rangkaian acara Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPD-DPR, hingga pembacaan Laporan Nota Keuangan dan RAPBN 2020.

Berikut paparannya:

1. Jokowi minta izin

Menjelang HUT ke-74 RI, dalam Pidato Kenegaraan 2019, Jokowi meminta izin secara resmi buat memindahkan ibu kota ke Kalimantan.

“Pada kesempatan yg bersejarah ini, dengan memohon ridha Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak, Ibu, Anggota Dewan yg terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari segala rakyat Indonesia, dengan ini aku mohon izin buat memindahkan ibu kota negara kalian ke Pulau Kalimantan,” ujar Jokowi dalam pidato kenegaraan itu.

Baca juga: Sidang Bersama DPD-DPR, Jokowi Minta Izin Ibu Kota Pindah ke Kalimantan

Namun, Jokowi tak menyebutkan calon ibu kota baru itu secara spesifik dan mendetail.

Tentu saja hal ini masih membuat penasaran publik, ke Kalimantan mana sebenarnya ibu kota mulai berpindah.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin