Barca Masih Punya Utang Transfer Coutinho

Barcelona – Transfer Philippe Coutinho dari Liverpool ke Barcelona telah berlalu lebih dari satu tahun lalu. Namun, hingga ketika ini Barca masih milik utang pada The Reds.

Barca mendatangkan Coutinho dari Liverpool pada Januari 2018. Saat itu, Los Blaugrana menggelontorkan dana besar hingga 160 juta Euro buat melabuhkan gelandang serang yang berasal Brasil.

Transfer tersebut menjadi salah satu yg termahal pernah dikerjakan Barca dalam merekrut pemain. Fakta terbaru mengenai pembelian Coutinho terungkap, dari laporan keungan tahunan Barca musim 2018-19 diketahui klub yang berasal Katalunya itu masih milik kewajiban yg belum dilunasi pada Liverpool.

Barca masih berutang 94,6 juta Euro (1,4 triliun Rupiah), rinciannya 27,9 juta Euro jatuh tempo dalam jangka pendek serta 66,7 juta Euro yaitu pembayaran jangka panjang. Namun, tak ditemukan tanggal pasti jatuh tempo pembayaran.

Besarnya biaya yg dikeluarkan Barca buat Coutinho tidak berbanding lurus dengan performa yg diperlihatkan si pemain. Selama satu setengah musim berseragam Blaugrana pemain 27 tahun hanya tampil 76 kali dan 21 mencetak gol. Di awal musim 2019-2020, Coutinho dipinjamkan ke Bayern Munchen.

Fakta yang lain yg terungkap adalah Barca juga masih berutang sebesar 260,7 juta Euro pada klub yang lain terkait transfer pemain. Diantaranya berutang 30,3 juta Euro kepada Bordeaux buat Malcom, serta 48,6 juta Euro yg masih harus dibayar ke Ajax Amsterdam buat perekrutan Frenkie De Jong.

Namun demikian, Barca juga masih mulai menerima pembayaran 75,3 juta Euro dari sejumlah klub yg belum melunasi pembayaran ketika membeli pemain dari El Barca. Everton masih berutang 26 juta Euro buat pembelian tiga pemain (Yerry Mina, Lucas Digne, dan Andre Gomes). Borussia Dortmund masih milik kewajiban 11,01 juta Euro buat Paco Alcacer, serta Valencia masih milik utang 13,9 juta Euro ketika membeli kiper Jaspe Cillessen.

Sumbe: Dailymail
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin