BMW F900R Dan F900XR, Kembar Tapi Tak Sama

Milan – BMW Motorrad launching dua sepeda motor anyar di ajang pameran EICMA 2019 di Milan, Italia. Bernama F900R dan F900XR, keduanya yaitu ‘saudara kembar’ yg dibangun dari basis yg serupa.

Sama-sama menonjolkan kesan sporty, namun kedua sepeda motor baru BMW ini milik orientasi berbeda. BMW F900R lebih ke arah roadster sedangkan F900XR dibekali fitur penunjang bagi adventure.

Desain BMW F900R pada dasarnya serupa dengan model roadster lain, dengan lampu telanjang, bodi kekar dengan garis sporty jadi identitas yg ditonjolkan, lengkap dengan bagian buritan yg khas.

Sedangkan desain F900XR pada dasarnya menggunakan skema bodi motor sport touring BMW yg lebih besar, S1000XR, namun dibuat lebih ringkas. Model ini dibekali fairing dan windshield besar buat menunjang perjalanan jauh.

Selain tampilan, ada detail yang lain yg juga berbeda dari kedua sepeda motor baru BMW ini. BMW F900R milik tangki bensin yg cuma bisa memuat 13 liter, berbeda dengan F900XR yg disematkan tangki bensin sampai 15,5 liter.

Perbedaan juga hadir pada bagian kaki-kainya. Jarak main suspensi depan F900R dibuat lebih pendek ketimbang milik F900XR. Sehingga F900XR bakal lebih nyaman dipacu dalam perjalanan jauh.

BMW F900R dan F900XR sama-sama menggendong mesin berkubikasi 895cc yg sanggup menghasilkan 105 hp dan torsi 92 Nm yg dikembangkan dari mesin punya BMW F850GS.

Pihak BMW Motorrad mengaku melakukan sedikit penyesuaian di ruang bakar bagi mencapai titik maksimal. Sisanya merupakan rekayasa sistem pembuangan alias knalpot yg menghasilkan tenaga dan suara lebih halus.

Keduanya juga sama-sama mendapatkan fitur baru, seperti slipper clutch dan drag torque control. Fitur baru ini mulai mencegah roda belakang slip saat output torsi sedang besar seperti ketika mendaki.

Fitur lainnya adalah Adaptive Cornering Light, Keyless Ride, Dynamic ESA, Riding Modes Pro, Shift Assistant Pro, Intelligent Emergency Call, ABS Pro, MSR, DTC, DBC, dan RDC.


Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin