[HOAKS] Video TKN Akui Kekalahan Jokowi

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi sejauh ini, keterangan ini tak benar.

– Sebuah video beredar di media sosial yg menampilkan suasana konferensi pers (konpers) yg disebut membahas kekalahan perolehan suara atas pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Video tersebut beredar di media sosial Facebook pada Kamis (25/4/2019).

Menanggapi hal itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan bahwa keterangan dalam video tersebut adalah tak benar.

Narasi yg beredar:

Berdasarkan penelusuran , salah satu pengguna Facebook membagikan video tersebut dengan narasi sebagai berikut:

Beredar video VIRAL, Lukman Edy tim TKN Jokowi mengakui kekalahan Jokowi atas Prabowo.

Jelas telah siapa yg kalah, cuma ditampuk pimpinan 01-nya saja yg masih ngotot mempertahankan kekuasaan dengan kebohongan publik lewat quick count siaran TV dan dengan kecurangan-kecurangan. Viralkan.

Dalam video berdurasi 43 detik itu, ada pula narasi TKN Jokowi-Ma’ruf membantah data real count dari kubu paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga.

Video tersebut diduga dirangkai dari beberapa potongan hingga membentuk sebuah pernyataan yg tak seperti seharusnya.

Kita kalah! Kita akui kalian kalah! Tapi tak sebesar yg dinyatakan oleh pak Prabowo, KPU yg telah masuk suara hampir sama dengan kalian per-30 persen,” demikian Lukman dalam video.

“Di real count-nya KPU 01 41 persen, jadi beda 2 persen dari real count kita, suara masuk dan kita anggap telah stabil karena grafiknya telah stabil,” kata dia.

Hingga kini, video tersebut sudah ditonton sebanyak lebih dari 222.000 kali penayangan dan sudah dibagikan lebih dari 10.231 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Penelusuran :

melakukan penelusuran terhadap kebenaran video tersebut.

(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = “//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.3”; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));
Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin