Ini Komplikasi Karena Plasenta Previa

Jakarta – Plasenta previa dapat berbahaya, baik untuk Ibu maupun janin. Pada Ibu, plasenta previa mampu menyebabkan beberapa komplikasi.

Plasenta previa adalah keadaan saat ari-ari atau plasenta berada di bagian bawah rahim, sehingga menutupi sebagian atau segala jalan lahir. Selain menutupi jalan lahir, plasenta previa mampu menyebabkan perdarahan hebat, baik sebelum maupun ketika persalinan.

Plasenta adalah organ yg terbentuk di rahim pada masa kehamilan. Organ ini berfungsi menyalurkan oksigen dan nutrisi dari ibu kepada janin, serta membuang limbah dari janin.

Seperti yg dikutip dari siaran pers ALODOKTER yg ditinjau oleh dr. Alni Magdalena, Jakarta, Jumat, (09/08/2019), ada beberapa komplikasi yg ditimbulkan. Berikut adalaha rinciannya.

1. Syok

Syok terjadi akibat perdarahan berat saat proses persalinan

2. Penggumpalan darah

Komplikasi ini terjadi akibat perawatan di rumah sakit yg membuat ibu terlalu lama berbaring, sehingga darah lebih mudah

Sedangkan pada janin, komplikasi yg mampu terjadi akibat plasenta previa adalah:

1. Kelahiran prematur

Bila perdarahan selalu berlangsung, bayi harus langsung dilahirkan dengan operasi caesar, meski belum cukup bulan.

2. Asfiksia janin

Kondisi ini terjadi saat janin tak mendapat cukup oksigen ketika di dalam kandungan. Pada keadaan yg jarang terjadi, plasenta previa bisa menyebabkan jaringan plasenta tumbuh terlalu dalam, sehingga sulit bagi dikeluarkan (retensi plasenta). Kondisi ini mulai memperburuk perdarahan.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin