Inilah Spesifikasi Hyundai IONIQ Electric

Tangerang – Grab dan Hyundai baru saja meresmikan peluncuran taksi online bertenaga listrik pertama di Indonesia. Untuk tahap awal terdapat 20 unit Hyundai IONIQ Electric yg bersiap berfungsi sebagai armada taksi online. Seperti apa spesifikasi mobil listrik ini?

Secara tampilan, Hyundai IONIQ Electric memiliki pola khas grill mobil listrik yg tertutup dengan cetakan berwarna perak di bagian bawah.

Trim abu-abu anthracite yg kelihatan pada bumper belakang, bezel, dan kombinasi lampu belakang LED menciptakan tampilan yg dinamis. Mobil ini juga dilengkapi dengan velg berukuran 16 inci.

Baca juga: Grab dan Hyundai Luncurkan Armada Taksi Listrik

Masuk ke dalam kabin, interior Hyundai IONIQ Electric memiliki desain mewah dan dilengkapi dua layar LCD yg menampilkan berbagai keterangan bagi pengemudi. Sejumlah fitur konektivitas juga disematkan pada mobil listrik ini, seperti Bluetooth.

Hyundai IONIQ Electric sudah menerapkan sistem Shift-by-Wire yg menghilangkan proses mekanis dan memungkinkan pergantian gigi cuma dengan menyentuh sebuah tombol dan rem parkir juga melalui sebuah tombol.

Sebagai dapur pacunya, Hyundai IONIQ Electric memiliki baterai berkapasitas 38,3 kWh yg menawarkan total estimasi jarak 373 kilometer dalam satu kali pengisian daya penuh. Fitur motor elektronik atau Permanent-Magnet Synchronous Motor menghasilkan tenaga sebesar 136 PS dan torsi 295 Nm. Mobil listrik ini pun sudah dilengkapi dengan charger on-board standar 7.2-kW.

Pada port standar pengisian daya mampu memakan waktu hingga 6 jam. Namun, dengan memakai pengisian daya secara cepat (fast-charging) hingga 50-kW, proses isi ulang baterai mampu mencapai 80 persen dalam 57 menit. Sedangkan penggunaan fast-charging 100-kW bisa meningkatkan waktu pengisian ke 80 persen cuma dalam waktu 54 menit.

Baca juga: Grab Target 500 Taksi Listrik Beroperasi Tahun Ini

Berkapasitas lima orang, Hyundai IONIQ Electric sudah dilengkapi tujuh airbag, pengukur tekanan angin pada ban, serta tiga mode berkendara, merupakan standar Eco+, Comfort, dan Sport. Pada mode Eco+, pengemudi bisa mengurangi konsumsi energi dan sisa energi bisa digunakan pada situasi darurat yg tak terduga.

Mobil listrik ini juga dilengkapi dengan paddle shifter buat memaksimalkan efisiensi. Tersemat pada roda kemudi, paddle shifter ini memungkinkan pengemudi bagi tidak mengurangi atau mengurangi tingkat pengereman regeneratif (laju deselerasi).

Menariknya, tidak cuma diperuntukan buat taksi online, Hyundai Indonesia juga membuka keran pemesanan bagi IONIQ Electric buat masyarakat yg berminat memiliki mobil listrik.

Adapun harga yg ditawarkan adalah Rp569 juta off-the road alias belum termasuk pajak, dengan masa tunggu atau inden sekitar 2-3 bulan.


Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin