Kembangkan Karakter Anak Untuk Masa Depan

Jakarta – Faktor utama yg berperan bagi dukung si Kecil bersiap hadapi masa depan adalah karakter.

Psikolog Anak & Keluarga, Ajeng Raviando, Psi. , M.Si menjelaskan, penanaman karakter sejak dini utama bagi mempersiapkan si Kecil menghadapi perubahan dan situasi tertentu dalam kehidupan.

“Perubahan tersebut seperti, kegagalan, stress, tantangan, lingkungan baru, dan sebagainya,” kata Ajeng Raviando, Jakarta, di acara Nutrilon Royal menghadirkan Raise Them Ready Roadshow, Jakarta, Senin, (29/04/2019).

Ada lima karakter yg sebaiknya diasah sejak dini, merupakan berani, yakin diri dan mau mengambil resiko; mandiri, tak bergantung pada orang lain; gigih, mau berusaha melakukan sesuatu sampai selesai; adaptif, gampang menyesuaikan diri di setiap situasi; dan banyak akal, mampu bertindang cepat dan efektif di bermacam situasi dan pandai mencari solusi.

“Pengembangan karakter bisa dikerjakan dengan memberikan pengalaman baru yg memiliki tujuan (purposeful exposures) dengan harapan mulai terjadi transformasi terukur dalam diri anak, misalnya setelah mengikuti flying fox anak tampak senang serta lebih berani coba aktivitas permainan yg yang lain tanpa perlu diminta oleh orangtua,” tambahnya.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin