Kenal Lebih Jauh Tentang Plasenta Previa

Jakarta – Plasenta previa adalah keadaan saat ari-ari atau plasenta berada di bagian bawah rahim, sehingga menutupi sebagian atau semua jalan lahir.

Selain menutupi jalan lahir, plasenta previa bisa menyebabkan perdarahan hebat, baik sebelum maupun ketika persalinan.

Plasenta adalah organ yg terbentuk di rahim pada masa kehamilan. Organ ini berfungsi menyalurkan oksigen dan nutrisi dari ibu kepada janin, serta membuang limbah dari janin.

“Normalnya, plasenta memang berada di bagian bawah rahim pada awal masa kehamilan, namun seiring pertambahan usia kehamilan dan perkembangan rahim, plasenta mulai bergerak ke atas,” seperti yg dikutip dari siaran pers ALODOKTER yg ditinjau oleh dr. Alni Magdalena, Jakarta, Jumat, (09/08/2019).

Pada perkara plasenta previa, posisi plasenta tak bergerak dari bawah rahim hingga mendekati waktu persalinan. Gejala penting plasenta previa adalah perdarahan dari vagina yg terjadi pada akhir trimester kedua atau di awal trimester ketiga kehamilan.

“Perdarahan mampu banyak atau sedikit, dan mulai berulang dalam beberapa hari. Perdarahan tersebut juga mampu muncul setelah berhubungan intim dan disertai dengan kontraksi atau kram perut,” tambahnya.

Segera periksakan diri ke dokter kandungan bila timbul flek atau perdarahan ketika kehamilan.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin