Kerusakan Sendi Lutut Bisa Diatasi Dengan Mudah

Jakarta- Ada banyak kelebihan saat memakai teknik Unicompartmental Knee Arthroplasty (UKA) buat mengatasi sendi lutut yg rusak.

Untuk menghindari pemotongan bagian sendi lutut yg masih sehat, para peneliti menemukan suatu teknik baru yg disebut Unicompartmental Knee Arthroplasty (UKA) atau operasi penggantian sendi lutut secara sebagian.

Dengan tak memotong sendi yg masih sehat, pergerakan lutut pasien mulai terasa lebih alami dan mempunyai kemampuan menekuk lutut lebih luas bahkan bagi bersila, jongkok, dan melakukan olahraga low-impact.

Studi terhadap UKA memperlihatkan bahwa hasil ketahanan implan mencapai 96 persen pada 1.000 pasien dalam 10 tahun, 94 persen pada 15 tahun, dan 91 persen dalam 20 tahun.

“Teknik ini memiliki banyak kelebihan karena cuma sebagian sendi lutut yg dibuang maka luka operasi menjadi lebih kecil. Pada teknik ini cuma 25 persen permukaan sendi yg dibuang dengan pendarahan operasi yg lebih sedikit sehingga luka operasi lebih cepat sembuh. Pasien yg sudah menjalani operasi UKA juga menyatakan bahwa keluhan nyeri pasca operasi lebih ringan,” kata Dr.dr. Franky Hartono, Sp.OT (K) selaku Kepala Divisi Hip, Knee, and Geriatric Trauma (HKGT) Orthopaedic Center Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, Jumat, (12/04/2019).

Tindakan ini cocok bagi para penderita osteoartritis dengan gangguan di bagian tengah lutut yg masih ingin bergerak aktif dan melakukan kegiatan produktif sehari-hari.

Didukung oleh konsultan-konsultan Hip and Knee Adult Reconstruction dan tim multidisiplin yg berpengalaman di bidangnya, HKGT Siloam Hospitals Kebon Jeruk berkomitmen buat selalu menolong pasien-pasien agar mampu bebas beraktivitas. Sejak berdiri di 2015, tim HKGT telah melayani lebih dari 23.655 pasien dan melakukan operasi lebih dari 1.500 pasien. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin