Lepas Kontingen Pramuka Ke AS, Jokowi Ingatkan Jaga Citra RI

JAKARTA, – Presiden Joko Widodo melepas Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia ke Jambore Pramuka Dunia XXIV di Virginia Barat, Amerika Serikat. Acara pelepasan berlangsung di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Presiden mengingatkan para anggota Pramuka yg berangkat buat terus menjaga citra positif Indonesia.

“Saya harapkan selama mengikuti jambore kepanduan sedunia adik adik bisa memberi citra positif dengan bersikap ramah, sopan santun, berbudi pekerti luhur dan bersiap membantu siapapun yg membutuhkan bantuan,” kata Jokowi.

Baca juga: Ini Modus Okum Pembina Pramuka Cabul buat Kelabui Korbannya

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-5112’); });

Ada 67 anggota Pramuka yg terpilih buat berangkat ke Amerika Serikat. Mereka mulai mengikuti Jambore dari 22 Juli-2 Agustus. Jokowi mengucapkan selamat kepada anggota Pramuka serta kakak pembina yg terpilih bagi berangkat ke AS.

“Kehadiran kontingen Pramuka bukan cuma sebagai perwakilan organisasi Indonesia tapi juga yaitu duta bangsa dan duta negara RI. Untuk membawa nama baik, citra, wajah dan semangat keindonesiaan dalam jambore dunia di AS,” kata Presiden.

Jokowi mengatakan, gerakan Pramuka di Indonesia memang harus berperan aktif dalam aktivitas gerakan kepanduan sedunia. Karena sesuai slogannya, para Pramuka menciptakan dunia yg lebih baik.

“Slogan yg sejalan dengan visi dan misi negara kami bagi membangun persaudaraan universal, menciptakan dunia yg lebih baik, damai dan berkeadilan sosial,” kata Kepala Negara.

Jokowi juga berpesan kepada para anggota Pramuka yg berangkat buat menimba pengalaman dan persahabatan di alam terbuka bersama anggota kepanduan dari negara lain.

Baca juga: Rich Brian, antara Pujian Jokowi dan Kritik Dino Patti Djalal

Para anggota Pramuka harus menjadikan pengalaman di jambore ini sebagai bekal dalam membina jiwa kepemimpinan serta meningkatkan kemampuan bagi modal buat mengembangkan diri.

“Saya berpesan ikuti semua rangkaian acara dengan dispilin agar bisa banyak pengetahuan baru. Agar tidak mengurangi pengalaman, tidak mengurangi wawasan, sehingga mampu menolong pembangunan berkelanjutan di tanah air demi kelangsungan hidup bangsa dan negara kami Indonesia,” kata Jokowi.

“Dengan mengucap bismillah aku lepas kontingen Indonesia gerakan Pramuka menuju jambore kepanduan sedunia ke-24 di Virginia Barat Amerika Serikat,” ujar dia.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin