Bagaimana Jika Saya Belum Mendapat C6 Atau Pemberitahuan Untuk Memilih?

JAKARTA, – Pemilih yg telah tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) mulai mendapatkan formulir C6 atau pemberitahuan bagi memilih.

Formulir tersebut wajib dibawa ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) ketika hari pemungutan suara, Rabu (17/4/2019).

” Formulir C6 ini menegaskan atau menginformasikan bahwa pemilih tersebut namanya siapa dan seterusnya, nanti mampu memilih di TPS nomor berapa, alamatnya di mana. Jadi itu pemberitahuan, bukan undangan,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Azis di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Baca juga: Ini Penjelasan KPU Kalbar soal Banyaknya Masyarakat yg Belum Dapat Formulir C6

Formulir C6 dibagikan oleh pertugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) ke tiap-tiap pemilih hingga H-1 pemungutan suara.

Pemilih yg hingga ketika ini belum mendapatkan formulir C6 dapat menempuh dua cara bagi mendapatkan formulir pemberitahuan bagi memilih ini.

Pertama, langsung menghubungi petugas KPPS di sekitar wilayah pemilihan.

Baca juga: INFOGRAFIK: Bingung Memilih Caleg? Ini Panduannya…

“Biasanya petugas KPPS sedang menyiapkan berbagai hal. Mungkin belum sempat membagikan (C6), tetapi Insyallah mulai selalu dikerjakan (pembagian C6) sampai dengan besok,” kata Viryan.

Hal kedua yg mampu dikerjakan ialah mendatangi kantor desa/kelurahan atau kantor KPU kabupaten/kota. Di kantor tersebut, petugas mulai mengecek keterdaftaran pemilih di TPS supaya pemilih mampu meminta formulir C6 ke petugas KPPS yg bertugas di TPS pemilih.

Pemilih juga mampu melakukan pengecekan keterdaftaran TPD di portal www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Baca juga: Pemilih Diperbolehkan Memilih di Atas Pukul 13.00, Ini Syaratnya

Di halaman penting protal tersebut, pemilih diminta bagi memasukan nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai e-KTP. Harus dipastikan pemilih mengisi kolom dengan benar.

Selanjutnya, kolom mulai menampilkan nama, macam kelamin, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan kelurahan, serta TPS pemiliih, seandainya pemilih telah terdaftar di DPT. Jika pemilih belum terdaftar di DPT, maka data tidak mulai tertampil.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin