Jelang Pencoblosan, Pemilih Bisa Cek Rekam Jejak Caleg Di Situs Ini

JAKARTA, – Indonesia Corruption Watch ( ICW) menyediakan situs rekamjejak.net yg dapat digunakan masyarakat buat memeriksa rekam jejak calon legislatif yg ikut dalam Pemilihan Legislatif 2019.

Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo mengatakan, terdapat 250 nama caleg yg dapat dicek masyarakat di situs tersebut.

“Ada 250 caleg yg rekam jejaknya masuk di catatan kita. Isunya berbagai macam. Ada soal korupsi, ada soal LHKPN, ada soal statement politik, ada soal kebijakan yg dari situ kalian berharap agar pemilih milik guideline,” ujar Adnan dalam sebuah diskusi di Jalan Kramat 6, Selasa (16/4/2019).

Baca juga: LSI Denny JA: PDI-P Pemenang Pileg 2019, Gerindra dan Golkar Berebut Runner Up

Adnan mengatakan, ketika ini banyak orang yg melupakan Pemilihan Legislatif karena terlalu fokus dengan Pemilihan Presiden. Padahal legislatif yaitu cabang kekuasaan yg milik kekuasaan seimbang dengan presiden dalam menentukan kebijakan publik.

Dia menegaskan Pileg sama pentingnya dengan Pilpres. Adnan kemudian menyinggung kinerja anggota Dewan Perwakilan Rakyat terakhir yg dinilai mengecewakan. Oleh karena itu, Pileg harus jadi momentum bagi memperbaiki kualitas parlemen.

Baca juga: Bawaslu Ponorogo Amankan Rp 66 juta Diduga buat Politik Uang Pileg 2019

Di ketika 90 persen caleg petahana maju kembali, Adnan menyampaikan memeriksa rekam jejak menjadi hal yg harus dikerjakan oleh pemilih.

“Ketika instrumen rekam jejak dimanfaatkan, kalian harap dapat ikut meningkatkan kualitas (wakil rakyat),” kata Adnan.

TV Satuan Reserse Kriminal Polres Tanah Karo beserta Sentra Gakumdu menangkap 5 orang dalam operasi tangkap tangan pada Senin (15/4) malam. Kelima orang itu diduga melakukan <em>money politic</em> atau politik uang buat pemenangan tiga calon legislatif dari DPRD kabupaten, DPRD provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat RI. Polisi menangkap 5 orang yg diduga tim sukses yg bertugas menjaring dan membagikan sejumlah uang ke masyarakat. Dua terduga pelaku ditangkap sedang membawa uang tunai Rp 11,7 juta rupiah beserta 3 kartu nama caleg. Kemudian terduga pelaku yang lain ditangkap dengan uang tunai Rp 190 juta. Bawaslu mulai memberikan rekomendasi agar masalah ini dilanjutkan ke tahap penyidikan. Apabila salah satu calon yg masuk dalam politik uang ini menang maka hasilnya mulai dibatalkan. #pemilu2019 #politikuang #tanahkaro

 

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin