Ketum PBNU: Kalau Ingin Dihormati Dunia, Mari Ciptakan Pemilu Yang Bermartabat

JAKARTA, – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama berharap pelaksanaan Pemilu 2019 mampu membuat Indonesia lebih dihormati dunia.

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj mengatakan, harapan ini muncul karena pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilihan presiden buat pertamanya kalinya digelar secara serentak.

Menurut dia, kesuksesan pemilu kali ini yaitu indikator kesiapan Indonesia sebagai warga berpenduduk muslim terbesar bagi berdemokrasi.

“Kesuksesan penyelenggaraan pemilu tahun ini mulai mengokohkan persepsi dunia bahwa Indonesia yg mayoritas muslim bisa menyandingkan Islam dan demokrasi dalam satu tarikan nafas,” ujar Said di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Senin (15/4/2019).

Baca juga: PBNU: Penyelenggara Pemilu, Jangan Pernah Kompromi dengan Politik Uang

Said mengatakan, di negara kawasan timur tengah, mayoritas penduduknya juga mayoritas Islam seperti Indonesia. Namun di sejumlah negara itu justru terjadi konflik.

Menurut dia, hal ini berbeda dengan Indonesia yg justru dapat berdemokrasi bagi menentukan pemimpin.

Dia mengatakan, pemilu ini menjadi manifestasi syura atau musyawarah yg juga yaitu ajaran Islam. Ajaran syura ini dapat membawa perdamaian di Indonesia.

Baca juga: PBNU Imbau Masyarakat yg Punya Hak Pilih Tak Golput

 

Oleh karena itu, Said mengimbau masyarakat bagi ikut menjaga jalannya pemilu nanti. Dengan begitu pemilu bisa berlangsung damai, bersih, jujur, dan adil. Said menyebutnya sebagai pemilu yg bermartabat.

“Kalau kalian ingin dihormati dunia, mari kalian ciptakan pemilu yg bermartabat,” ujar Said.

Adapun, pemilu mulai digelar pada 17 April 2019 dan menjadi ajang pertama pemilihan umum yg serentak, yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, dan juga anggota Dewan Perwakilan Daerah RI, Dewan Perwakilan Rakyat RI, DPRD provinsi, kota, dan kabupaten.

/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Pemilu 2019 Dalam Angka
googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin