Timses Jokowi Laporkan Dugaan Penghinaan Terhadap Presiden

JAKARTA, – Tim Kampanye Nasional (TKN) melaporkan seseorang yg diduga menghina Presiden Joko Widodo lewat sebuah video di media sosial.

Laporan tersebut diterima oleh Bareskrim Polri dengan nomor: LP/B/0389/IV/2019.

Direktor Hukum dan Advokasi TKN, Ade Irfan Pulungan mengatakan, video yg dilaporkan tersebut memamerkan seorang yg mengenakan kemeja bertuliskan 02 yg sedang menurunkan pigura foto Presiden Jokowi dengan diiringi lagu “Indonesia Raya”.

Baca juga: TKN Jokowi-Maruf Laporkan Dugaan Kecurangan Pemilu di 7 Negara ke Bawaslu

Video itu berdurasi 21 detik dan diunggah oleh pemilik sebuah akun Facebook pada Selasa, 16 April 2019, pukul 07.30 WIB.

“Kami dari TKN ingin laporkan adanya video viral yg terjadi. Diduga dikerjakan oleh salah satu simpatisan atau tim sukses dari pendukung 02. Itu mampu dilihat kok karena dia pakai atribut 02 dan memakai simbol tangan buat 02,” ujar Ade di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2019).

Ade menegaskan, foto Presiden Jokowi yaitu simbol negara. Menurut dia, siapapun tak boleh memakai foto tersebut secara sengaja buat dipermainkan.

Baca juga: Di Mana Jokowi, Maruf, Prabowo, dan Sandiaga Akan Mencoblos?

TKN, lanjutnya, hingga kini masih sebatas melaporkan orang yg ada di dalam video tersebut dan belum mengadukan para penyebarnya. Ia menyebut video tersebut viral di aplikasi Whatsapp.

“Videonya viral di WA (Whatsapp) ya. Ada juga di Facebook, tetapi kami enggak tahu itu akunnya siapa. Nanti mampu diselidiki oleh pihak kepolisian,” ucap Ade.

Adapun pasal yg disangkakan terhadap terlapor adalah Pasal 45 juncto Pasal 27 Ayat (3) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Pasal 207 KUHP.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-974648810682144181-4112’); });

Sumber: http://nasional.kompas.com

Post Author: admin