Perhatikan Faktor Risiko Penderita Diabetes

Jakarta – Ada beberapa faktor risiko yg perlu diperhatikan oleh dokter dalam penanganan pasien diabetes buat mencegah hipoglikemia.

Menurut Prof. Dr. Saud N.M. Al-Sifri, Endocrinologist and Diabetes Consultant, ketika ditemui di acara temu media MSD Inventing For Life, Sabtu, (27/04/2019), risiko tersebut seandainya tak diperhatikan dan ditangani dengan baik oleh penderita diabetes, maka mulai berakibat fatal.

Berikut adalah beberapa faktor risikonya:

1. Kompleksitas diabetes, merupakan riwayat pasien apakah telah pernah mengalami hipoglikemia sebelumnya.

2. Multi morbiditas, merupakan apakah pasien memiliki riwatyat penyakit yang lain yg mampu berdampak pada penanganan.

3. Farmakoterapi, merupakan obat-obatan yg pernah diminum pasien sebelumnya.

4. Profil pasien, merupakan meliputi gaya hidup dan sosio ekonomi.

5. Sistem kesehatan, merupakan kebijakan publik, penanganan kesehatan, dan sebaran informasi.

Mengacu pada faktor risiko di atas, dokter mampu memberikan anjuran pada pasien dalam mengelola penyakit diabetes selama bulan Ramadhan dan penanganan apa yg mampu dipilih.

“Berdasarkan kompilasi dari sembilan studi tentang pasien DMT2 yg berpuasa pada bulan Ramadhan memakai kelas terapi DPP4i dan Sulphonylurea; DPP4i terbukti lebih baik dalam hal menurunkan risiko hipoglikemia dengan tingkat keampuhan yg setara,” ujar Saud.

Lebih lanjut, berdasarkan panduan dari International Diabetes Foundation dan Diabetes and Ramadhan International Alliance (IDF-DAR), kelas terapi DPP4i tak membutuhkan penyesuaian dosis dan waktu pemberian selama bulan Ramadhan yg membuat pasien lebih nyaman menjalankan ibadah puasa dibandingkan dengan Sulphonylurea yg perlu penyesuaian dosis karena adanya risiko hipoglikemia. (tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin