Samsung Akan Produksi Chipset Snapdragon 865?

San Diego – Qualcomm kabarnya mulai menggandeng Samsung buat memproduksi chipset generasi penerus Snapdragon 855.

Hal itu diketahui dari laporan media Korea Selatan, TheElec, yg mengklaim bahwa chipset yang kemungkinan bernama Snapdragon 865 itu, bakal dibuat memakai teknologi fabrikasi punya Samsung, yakni teknologi Extreme Ultraviolet (EUV) Lithography dengan proses fabrikasi 7nm.

Teknologi EUV sebenarnya yaitu sebuah cara bagi membuat desain silikon yg kompleks dengan proses fabrikasi yg semakin kecil.

Dengan proses manufaktur yg lebih kecil, maka jumlah transistor yg mampu diletakkan di chip pun bakal bertambah banyak, serta mampu menghemat daya chip tersebut.

System-on-Chip (SoC) Snapdragon 865 sendiri disinyalir bakal dimanufaktur di pabrik Samsung yg berada di wilayah Hwaseong, Korea Selatan.

Untuk kelancaran proses manufaktur chip, Samsung pun dilaporkan sudah tidak mengurangi kapasitas produksi di pabrik tersebut.

Samsung kabarnya mulai buat memulai produksi Snapdragon 865 pada Februari 2020.

Ada kemungkinan Snapdragon 865 bakal hadir dalam dua model, merupakan versi standar dan versi yg terintegrasi dengan chip modem 5G Qualcomm X55.

Meski demikian, pihak Samsung maupun Qualcomm belum memberikan keterangan resmi terkait kejelasan kerja sama antara keduanya.

Sebelumnya, Qualcomm mengandalkan pabrikan semikonduktor yang berasal Taiwan, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), buat memproduksi chipset Snapdragon 845 dan Snapdragon 855.

Qualcomm sempat mengandalkan Samsung bagi memproduksi Snapdragon 820 dan Snapdragon 835.

Mereka kini kembali lebih memilih Samsung bagi memproduksi chipset kelas flagship teranyar mereka lantaran disebut ‘lebih percaya’ kepada teknologi EUV dengan fabrikasi 7nm yg dimiliki oleh Samsung, dibandingkan TSMC.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin