Smartphone Asal China Berjaya Di India

New Delhi – Merek smartphone asal China menguasai lebih dari separuh pangsa pasar di India pada kuartal pertama 2019, demikian menurut laporan dari lembaga Counterpoint Research.

Berdasarkan data tersebut, smartphone buatan China mengambil tempat 66 persen dari total pasar di India. Saat ini, Xiaomi menjadi pemimpin pasar di India, volume merek tersebut naik 20 persen.

Pengiriman smartphone Xiaomi sempat turun 2 persen tahun lalu, namun perusahaan yg berbasis di Beijing tersebut masih menjadi favorit di India.

Bersama Xiaomi, merek smartphone China lainnya yg unggul di India adalah Vivo, Realme dan OPPO. Jika pengiriman Xiaomi sempat menurun, Vivo memamerkan kenaikan volume pengiriman menjadi 119 persen, sementara OPPO 28 persen.

“Portofolio Vivo di tier menengah (US$100-US$180) menyebabkan pertumbuhan merek tersebut, bersamaan dengan kampanye agresif Indian Premier League Cricket,” kata analis dari Counterpoint, seperti dilansir Reuters.

Sementara itu, smartphone populer kedua di India diduduki Samsung.

India yaitu salah satu pasar terbesar smartphone di dunia, dan pangsa terbesar merek-merek yang berasal China. Kebanyakan smartphone yang beredar di India berada di kelas menengah dengan fitur-fitur seperti swafoto dan layar besar.

Permintaan smartphone yang begitu besar di India juga disebabkan oleh layanan streaming video seperti Netflix dan Hotstar. Selain itu, rakyat India juga gemar memakai aplikasi pesan seperti WhatsApp.

Menurut analis Tarun Pathak dari Counterpoint, konsumsi data rakyat India selalu naik dan mereka memperbarui smartphone lebih cepat dibandingkan wilayah lainnya.

“Oleh karena itu, spesifikasi smartphone premium ketika ini masuk ke smartphone berharga menengah. Kami memperkirakan tren ini mulai selalu kompetitif di segmen menengah di beberapa kuartal ke depan,” kata Pathak.
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin