Starbucks-Alibaba Rilis Speaker Pintar Di China

Beijing – Starbucks melakukan terobosan besar dalam merevolusi pengalaman digital untuk para konsumen. Di China, jaringan kedai kopi ini launching pemesanan via perintah suara (voice command) dan mengantar pesanan melalui speaker pintar Alibaba, merupakan Tmall Genie.

Para pelanggan di China kini mampu memesan minuman dan makanan favorit dari Starbucks cuma dengan memakai pesan suara dan mendapatkannya dalam waktu 30 menit.

Memanfaatkan platform antar-pesan makanan punya Alibaba, Ele.me, kemampuan perintah suara buat pemesanan Starbucks semakin meningkatkan pengalaman konsumen dalam ekosistem digital Starbucks.

Peluncuran layanan ini juga merayakan satu tahun berjalannya kerja sama strategis Starbucks dan Alibaba bagi meningkatkan infrastruktur New Retail dan kekuatan digital di China.

Hingga ketika ini, China yaitu salah satu negara dengan pertumbuhan konsumsi kopi paling cepat di dunia.

Pengumuman ini juga tidak mengurangi berbagai kolaborasi antara kedua perusahaan yg memungkinkan Starbucks Experience terbaik dapat dirasakan konsumen China, seperti penerimaan Alipay sebagai metode pembayaran, membangun Star Kitchen – dapur di dalam segala gerai supermarket Freshippo di negara itu, dan penggunaan teknologi mobile dan fitur augmented-reality racangan Alibaba di gerai Starbucks roastery di Shanghai.

“Kami sangat senang dapat menghadirkan teknologi canggih Artificial Intelligence kalian melalui Tmall Genie, bagi melayani para konsumen Starbucks di China yg telah sangat familiar dalam memakai teknologi dan digital,” ujar Miffy Chen, General Manager di Alibaba AI Labs, yg memimpin pengembangan Tmall Genie, dalam informasi tertulisnya.

Di awal tahun ini, menurut dia, Alibaba sudah launching layanan pemesanan dan pengantaran pesanan melalui Ele.me bagi menjawab kebutuhan para konsumen.

“Kini, kalian sangat senang dapat memperkenalkan pengalaman yg semakin lengkap di platform kalian melalui perintah suara pemesanan Starbucks dan memberikan manfaat segera buat pelanggan di China di tengah rutinitas sehari-hari mereka,” lanjut Chen.

“Fitur Starbucks di Tmall Genie mengantarkan Starbucks ke era baru interaksi konsumen secara digital, memanfaatkan teknologi canggih terkini bagi menciptakan pengalaman yg tak tertandingi dan semakin mendekatkan hubungan kita kepada para pelanggan,” timpal Molly Liu, Vice President dan General Manager Digital Ventures Starbucks China.

“Kami terus berusaha bagi memastikan voice command pemesanan Starbucks ini semakin personal. Kami juga selalu tidak mengurangi kenyamanan pelanggan dengan memberikan kanal baru buat berinteraksi dengan Starbucks melalui sebuah platfom terintegrasi yg mereka andalkan dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

Melalui Tmall Genie, para pelanggan dapat memakai perintah suara bagi melacak status pemesanan mereka dalam waktu 30 menit. Cukup katakan: ‘Tmall Genie bagaimana status pemesanan Starbucks saya?’

Para anggota Starbucks Rewards juga mampu mendapatkan Stars dan info terbaru tentang keanggotaan mereka, termasuk promo khusus, melalui Tmall Genie.

Ke depannya, ketika memakai perintah suara bagi memesan, para anggota Starbucks Rewards dapat menerima rekomendasi yg disesuaikan sesuai preferensi sebelumnya dan menu-menu popular atau menu khusus.

Keunggulan lainnya, penggemar Starbucks di China dapat mendengarkan playlist yg biasa dimainkan di gerai-gerai Starbucks, melalui aplikasi streaming musik Alibaba: Xiami Music.

Penggunaan teknologi speech AI dan voice print payment (kemampuan memakai suara bagi mengonfirmasi pembayaran), pesanan Tmall Genie menolong Starbucks memperluas dan meningkatkan kualitas pengalaman Starbucks Delivers yg konsisten dengan standar Starbucks, termasuk tutup gelas anti percikan air yg dirancang khusus dan mampu digunakan buat minuman panas atau dingin, perekat kemasan anti robek dan wadah pengantaran individu yg mampu digunakan buat menu panas dan dingin buat memastikan pesanan datang dengan suhu optimal buat dinikmati pelanggan.

Tmall Genie bertema Starbucks yg eksklusif ini tersedia di toko virtual Starbucks di China, yg menyatukan seluruh penawaran Starbucks dalam aplikasi mobile punya Alibaba, termasuk Taobao, Alipay dan Tmall.

Walau permintaan kopi per kapita di China masih kecil dibandingkan konsumsi di Amerika Serikat –rata-rata penduduk China mengonsumsi tiga cangkir kopi per tahun dibanding rata-rata 363 cangkir per orang per tahun di Amerika Serikat– konsumsi kopi di Negeri Tirai Bambu itu tumbuh 16 persen per tahun selama 10 tahun terakhir, melampaui tingkat pertumbuhan rata-rata dunia 2 persen per tahun, menurut International Coffee Organization. [ikh]
Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin