Perbedaan Cashback dengan Diskon yang Wajib Kamu Ketahui

Banyak orang yang menganggap cashback adalah sama dengan diskon, benar ngga sih?

Sebenarnya ada beberapa perbedaan antara cashback dengan diskon tetapi banyak orang yang belum mengetahui dan tidak menyadari perbedaannya, berikut akan dijelaskan mengenai hal tersebut:

Pengertian Cashback

Pengertian cashback adalah penawaran di mana pembeli diberikan persentase pengembalian uang tunai atau uang virtual atau bahkan diberikan suatu produk tetapi dengan memenuhi syarat pembelian tertentu yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara cashback.

Baca juga: Arti Cashback, Jenis-Jenisnya, Kelebihan dan Kekurangannya

Kebanyakan promosi cashback saat ini biasanya bukan berupa pengembalian uang tunai langsung ke tangan pembeli. Pihak penjual biasanya memberikan cashback ke dalam bentuk deposit. Cara ini dipakai agar pembeli harus kembali ke toko atau penjual tersebut di lain waktu untuk melakukan pembelian lagi menggunakan deposit tersebut kepada pihak yang memberikan promo cashback.

Saat ini banyak cashback yang juga sudah divariasikan bentuknya dan mulai bermunculan perusahaan yang memberikan cashback dalam bentuk produk.

Pengertian Diskon

Diskon atau dahulu dikenal sebagai rabat merupakan potongan harga. Dengan diskon, seorang konsumen dapat membeli suatu produk barang atau jasa dengan harga yang lebih murah dari harga yang sebenarnya karena harganya sudah dipotong.

Promo diskon ini biasanya diberikan dalam batas waktu tertentu, misalnya 1 bulan, 1 minggu, 1 hari, bahkan ada diskon yang batas waktunya hanya 1 jam atau hanya beberapa menit. Ini bisa jadi pemicu konsumen untuk melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak karena menganggap apa yang dilakukannya adalah bentuk dari berhemat.

Jadi, hati-hati dengan diskon karena diskon tidak selalu baik. Diskon dengan tenggat waktunya yang terbatas bisa membuat kita untuk membeli banyak hal yang sebenarnya belum atau bahkan tidak dibutuhkan.

Misalnya, ada penawaran jika membeli dua dapat diskon 50%, sedangkan jika membeli satu hanya dapat 30%, pembeli akan menganggap membeli dua lebih hemat daripada hanya membeli satu.

Perbedaan Cashback dengan Diskon
Perbedaan Cashback dengan Diskon

Terlepas dari apakah promosi yang ditawarkan adalah cashback atau diskon, ada baiknya mengetahui beberapa perbedaan serta syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menghindari terjadinya kerugian.

Perbedaan Utama

Cashback biasanya memberikan keuntungan melalui kredit yang dapat dipakai untuk melakukan pembayaran berikutnya.

Diskon biasanya justru memberikan keuntungan yang didapat dalam bentuk potongan pembayaran langsung, dan konsumen dapat melakukan pembayaran dengan harga yang sudah dipotong.

Cara Kerja

Dalam cashback, kalau konsumen membeli ponsel seharga Rp3.000.000, dan persentase cashbacknya adalah 10% dari harga pembelian, maka konsumen akan mendapatkan cashback sebesar Rp300.000. Tetapi konsumen tetap harus membayar penuh Rp3.000.000. Cashback yang akan diberikan bisa saja dalam berbagai macam cara misalnya dalam bentuk aksesoris ponsel seharga Rp300.000 atau bisa berupa kupon atau voucher senilai Rp300.000 untuk pembelian ponsel berikutnya di toko yang sama.

Diskon memiliki cara yang kerja: contohnya, jika konsumen membeli barang seharga Rp3.000.000 dan persentase diskonnya adalah 10% dari harga pembelian yaitu sebesar Rp300.000, maka konsumen hanya harus membayar Rp3.000.000 dikurangi Rp300.000, yaitu hanya sebesar Rp2.700.000 karena diskon merupakan potongan harga langsung dari persentase tertentu dari harga asli suatu barang.

Jadi, dalam cara kerjanya, pada cashback, konsumen tetap membayar penuh seharga barang tersebut untuk kemudian diberikan cashback, sedangkan pada diskon, konsumen dapat langsung membayar harga yang sudah dipotong.

Waktu

Cashback biasanya diberikan dalam periode tertentu, misalnya dalam beberapa minggu atau bulan, sehingga tidak bisa langsung dipergunakan oleh konsumen.

Sebaliknya, diskon langsung diberikan pada saat pembelian karena bentuknya merupakan potongan harga.

Potongan / Iuran

Ada kalanya, pihak penyelenggara cashback mengenakan semacam iuran yang harus dibayarkan oleh konsumen dan biasanya diberikan tenggat waktu. Jika ada keterlambatan dalam pembayaran, maka konsumen akan kehilangan cashback. Tetapi tidak semua penyelenggara cashback memberlakukan iuran semacam ini. Ada beberapa juga yang memberikan cashback langsung tanpa harus membayar iuran tertentu.

Untuk mendapatkan potongan diskon, saat ini marak tren di mana para penyelenggara diskon mengharuskan pembeli yang ingin mendapatkan diskon untuk membuat semacam keanggotaan atau membership yang berbentuk kartu, tetapi biasanya tidak mengenakan iuran apapun untuk anggotanya.

Masa Berlaku

Cashback umumnya mempunyai jangka waktu yang cukup panjang untuk bisa digunakan oleh konsumennya dan bisa berlaku untuk beberapa bulan atau tahun.

Lain halnya dengan diskon yang mempunyai masa berlaku yang cukup pendek, mulai dari satu bulan, satu minggu, bahkan ada yang diskon yang berlaku hanya hitungan hari atau hitungan jam.

Ketika periode yang telah ditentukan sudah berakhir, konsumen tidak akan bisa menerima cashback atau diskon tersebut.

Fleksibilitas

Bentuk cashback biasanya sudah ditentukan oleh penyelenggara program cashback dan konsumen tidak bisa memilih cashback yang akan mereka terima. Misalnya cashbacknya sudah ditentukan hanya terbatas untuk transaksi pembelian barang jenis tertentu, atau bahkan cashbacknya sudah ditentukan berupa produk tertentu, dan sebagainya.

Sedangkan diskon sudah jelas bentuknya adalah potongan harga langsung yang harus dibayar oleh konsumen.

Persamaan Cashback dengan Diskon

Ada perbedaan, ada pula persamaan, berikut adalah persamaan antara cashback dengan diskon.

Syarat Pembelian

Pada cashback, biasanya ada syarat bagi konsumen untuk melakukan pembelanjaan dalam jumlah tertentu supaya bisa mendapatkan cashback tersebut. Misalnya, ada penawaran promo cashback 10% pada suatu toko online tertentu jika melakukan pembelian barang minimal sejumlah Rp250.000. Kalau konsumen hanya melakukan pembelian sejumlah Rp200.000, maka dia tidak berhak mendapatkan bonus cashback.

Demikian pula dengan diskon, ada kalanya diberikan syarat tertentu sebelum konsumen berhak mendapatkan diskon, misalnya ada penawaran diskon sebesar 50% jika konsumen membeli dua barang tertentu, otomatis jika konsumen hanya membeli satu barang, dia tidak akan mendapatkan diskon apapun.

Kelebihan dan Kekurangan Cashback dengan Diskon

Kelebihan dan Kekurangan Cashback dengan Diskon 

Kelebihan Cashback dengan Diskon

Cashback umumnya diberikan untuk pembelian selanjutnya atau nantinya ditambahkan dalam bentuk tabungan atau deposit. Jadi, seorang konsumen atau pembeli bisa lebih hemat untuk pembelian selanjutnya.

Sedangkan diskon memberikan keuntungan berupa potongan langsung, jadi konsumen bisa berhemat saat itu juga. Walaupun diskon memberikan kemudahan saat itu juga ketika bertransaksi, namun cashback juga memiliki keuntungan tersendiri. Contohnya beberapa perusahaan kartu kredit memberikan pilihan menggunakan cashback untuk membayar tagihan kartu kredit yang belum dibayar. Dengan begitu cicilan utang dapat lebih mudah dibayar.

Kekurangan Cashback dengan Diskon

Cashback tidak langsung memberikan potongan saat itu juga, tetapi harus menunggu periode tertentu di mana kamu bisa mengklaim cashback tersebut.

Pada diskon, walaupun memberikan potongan secara langsung tetapi biasanya kekurangannya adalah banyak penyedia diskon yang menaikkan harga barang terlebih dahulu sebelum barang tersebut didiskon, jadi konsumen tidak bisa membedakan dengan benar mana barang yang benar-benar diskon dan mana barang yang sebenarnya tidak diskon. Jadi sebaiknya kamu mengecek harga barang dulu di berbagai tempat agar harga umum atau harga pasaran barang yang sebenarnya bisa diketahui.

Aplikasi Pemberi Cashback Terbaik

Setelah tahu perbedaan cashback dan diskon, apakah kamu #TeamCashback atau #TeamDiskon? Untuk kamu yang lebih tertarik mendapatkan cashback, kamu bisa download aplikasi yang memberikan kamu cashback tanpa harus membayar iuran dulu dan tanpa jangka waktu yang lama untuk mendapatkan cashback kamu, yaitu Cashbac. Cashbac memudahkan kamu untuk mendapatkan cashback secara instan setiap transaksi dengan ribuan merchants favoritmu. Jadi, kamu ngga perlu lagi menunggu lama untuk mendapatkan cashback karena setelah setiap transaksi, kamu bisa langsung menggunakan cashback untuk transaksi selanjutnya atau menyimpannya untuk transaksi lain di kemudian hari. Selain itu, cashback kamu ngga akan habis masa berlakunya – jadi bisa kamu gunakan kapanpun kamu mau.

Dengan aplikasi Cashbac, kekurangan-kekurangan promo cashback yang ada di atas ngga akan kamu temui!

Baca juga: Aplikasi Cashback Rewards Terbaik di Indonesia

Jadi, apapun penawaran yang kamu pilih, baik itu cashback maupun diskon, berhati-hatilah dalam memilih penawaran yang sesuai dengan keperluan dan tentunya dengan budget keuangan kamu. Sebelum memilih kamu juga harus meneliti dengan baik detail ketentuan dan persyaratan yang berlaku agar pada saat melakukan transaksi semua aturan sudah terpenuhi. Pastikan juga penawaran yang kamu pilih sesuai dengan rencana pengeluaran yang kamu buat. Jangan sampai kamu tergiur promosi karena berniat berhemat namun malah kebobolan.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan promo yang pasti membuat kamu hemat tanpa terlalu pusing dengan aturan untuk mendapatkannya, jangan lupa download aplikasi Cashbac – pemberi cashback rewards terbaik untukmu!

Sumber: cashbac.com/blog

Post Author: admin