Tiga Tips Jitu Cegah Diabetes

Jakarta – Diabetes yg termasuk dalam Penyakit Tidak Menular (PTM) diketahui sudah menjadi ancaman serius untuk kesehatan masyarakat Indonesia.

Mengacu pada Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018, estimasi jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai lebih dari 16 juta orang. Dimana angka tersebut berkemungkinan besar terkena penyakit yang lain yg dipicu oleh diabetes, seperti serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Menurut Menteri Kesehatan RI, upaya efektif bagi mencegah dan mengendalikan diabetes harus difokuskan pada faktor-faktor risiko disertai dengan pemantauan yg teratur dan berkelanjutan dari perkembangannya karena faktor risiko umum PTM Diabetes di Indonesia relatif masih tinggi, yg salah satunya merupakan 95 persen populasi masyarakat tak mengonsumsi buah dan sayuran yg cukup diperlukan tubuh.

Hal serupa juga dijelaskan oleh Ariana Dewi, S.Gz selaku Ahli Gizi bahwa selain faktor genetic dan pola makan, diabetes juga mampu disebabkan karena kurangnya konsumsi sayur dan buah, Jakarta, Selasa, (29/10/2019).

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips jitu yg bisa kamu lakukan sendiri bagi mengendalikan diabetes:

1. olahraga

Pada umumnya, penderita diabetes harus berusaha keras buat terus sehat secara fisik. Olahraga fisik memiliki efek menolong menurunkan kadar glukosa darah dan terkadang berefek hingga satu hari.

Karena efek-efek diabetes yg paling berbahaya disebabkan oleh kadar glukosa yg tinggi, olahraga adalah cara yg berharga yg bisa memungkinkan penderita diabetes bagi menjaga kadar glukosanya tetap terkontrol.

Selain itu, olahraga juga memberikan manfaat yg sama buat penderita diabetes seperti yg pada orang-orang yg bukan penderita diabetes – yaitu, tubuh lebih bugar, menolong menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan dan daya tahan, meningkatkan tingkat energi, meningkatkan suasana hati, dan banyak lagi.

2. Kurangi Stress

Stres dinilai bisa membuat kadar gula darah naik, hal itu karena hormon yg dihasilkan dalam tubuh ketika stres mampu mencegah insulin bekerja dengan baik.

Hindari stres dengan memperbanyak kegiatan yg kamu senangi, seperti membaca buku, jalan-jalan, atau mendengarkan musik, buat menolong mengurangi stres. Selain itu, lakukan berbagai teknik relaksasi dan cukupi istirahat.

3. Konsumsi Serat, Sayuran dan Buah yg Cukup

Apa yg kamu makan mampu memengaruhi kadar gula darah. Karena itu, menjaga asupan makan sangat utama untuk penderita diabetes.

Dianjurkan buat mengonsumsi banyak sayuran, buah, sumber serat yg cukup, ikan, dan mengurangi makanan mengandung gula tinggi, daging olahan, makanan olahan, serta makanan olahan yg asin.

Jangan lupa bagi turut mengonsumsi biji-bijian utuh dan susu atau daging tanpa lemak serta hindari minuman dengan pemanis tambahan. Pelajari pula bagaimana menghitung ukuran dan porsi karbohidrat.

“Sebenarnya kini ada satu suplemen yg mampu aku rekomendasikan merupakan FibreFirst yg bisa menolong memenuhi kebutuhan serat dan nutrisi dari buah dan sayuran yg diperlukan oleh tubuh”, ungkap Ariana Dewi, S.Gz.(tka)
Sumber: http://gayahidup.inilah.com

Post Author: admin