Yuk Cobain Cara Menghemat Pengeluaran Ini!

Udah membatasi uang yang bisa kamu gunakan untuk jajan setiap bulannya tapi tetap kehabisan uang dan patah hati ketika cek saldo di ATM? Kamu mungkin belum menerapkan cara hemat dalam membelanjakan uang jajan yang kamu miliki!

Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

Saat ini, ada beberapa cara hemat dalam membelanjakan uang jajan yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Cara hemat ini juga nggak mengharuskan kamu untuk ribet melakukan banyak hal atau membatasi pengeluaran kamu secara ekstrim lho. Penasaran? Berikut 7 cara hemat dalam membelanjakan uang jajan tanpa ribet dari Cashbac!

1. Jangan belanja ketika kamu lapar

cara hemat dalam membelanjakan uang jajan - jangan belanja saat lapar

Tahu nggak sih kalau belanja saat lapar bisa membuat kamu membeli banyak barang-barang yang sebenarnya nggak kamu butuhkan? Baru-baru ini sebuah penelitian dari University of Minnesota, AS membuktikan kalau belanja saat kamu lapar bisa bikin kamu mengeluarkan uang 64% lebih banyak dari seharusnya lho. Nggak cuma ketika belanja makanan, kondisi lapar bisa membuat kamu ingin belanja barang apapun lebih banyak dari yang kamu butuhkan lho.

Ketika kamu belanja saat lapar, kamu juga lebih ingin membeli barang apapun yang menarik di mata kamu, walaupun kamu sebenarnya nggak terlalu suka barangnya, seperti beli baju yang modelnya nggak cocok di badanmu. Jadi, pastikan perut kamu kenyang sebelum belanja supaya nggak lapar mata saat belanja.

2. Sering-sering menggunakan kendaraan umum

cara hemat dalam membelanjakan uang jajan - gunakan transportasi umum

Kalau kamu sering bepergian, lebih baik gunakan kendaraan umum seperti bus, angkot atau kereta daripada kendaraan pribadi. Selain lebih hemat karena kamu bisa mengurangi pengeluaran untuk bensin dan perawatan kendaraan, kamu juga bisa mengurangi rasa capek karena terjebak macet dan mengurangi polusi udara juga. Jadi selain lebih hemat, menggunakan kendaraan umum lebih ramah lingkungan juga.

Nah, kalau tempat tujuan kamu nggak terlalu jauh, lebih baik lagi jalan kaki ke tempat tujuan kamu. Selain lebih hemat, kamu bisa lebih sehat juga untuk badan dan kondisi mental kamu karena aktif bergerak lho. Nah, kalau kamu terbiasa menggunakan kendaraan pribadi, yuk saatnya mulai berubah dan lebih banyak menggunakan kendaraan umum atau jalan kaki.

3. Daripada beli baru, lebih baik beli barang pre-loved

cara hemat dalam membelanjakan uang jajan - beli barang pre-loved

Saat ini, mencari barang bekas atau pre-loved udah bukan hal yang sulit dilakukan lagi. Mulai dari baju, buku, hingga perabot rumah tangga yang pre-loved gampang kamu temui di toko online ataupun bazar yang bisa kamu kunjungi langsung. Biasanya. barang-barang ini dijual setelah hanya digunakan sekali atau malah belum pernah digunakan sama sekali setelah dibeli. Jadi, barang-barang ini biasanya masih berkualitas bagus tapi dijual dengan harga lebih murah dibandingkan barang yang sama dalam kondisi baru.

Menurut Moneyunder30.com, ada beberapa jenis barang yang lebih baik dibeli dalam kondisi bekas, yaitu: sepeda, pakaian, buku, perabot rumah tangga, perlengkapan olah raga, hingga hiasan rumah atau hiasan untuk acara. Takut barang tersebut kotor atau jijik karena udah pernah digunakan orang lain? Jangan khawatir karena kamu bisa memilah-milah atau mengecek kondisi barang juga sebelum membelinya. Selama kamu teliti, kamu nggak hanya bisa menemukan barang yang lebih murah, tapi juga barang-barang langka koleksi orang lain.

4. Makan tengah ketika makan di luar

cara hemat dalam membelanjakan uang jajan - makan tengah

Suka jalan-jalan bareng teman-teman atau ketemuan dengan sepupu di restoran? Kamu bisa tetap hemat tanpa mengorbankan quality time bareng teman-teman dan keluarga ini. Caranya gampang: cukup makan tengah ketika ketemuan di tempat makan.

Mungkin kamu lebih terbiasa pesan satu piring dan satu menu untuk masing-masing orang, tapi jika dihitung-hitung kebiasaan ini lumayan menguras uang lho dibandingkan memesan nasi atau mie dan berbagi lauk bersama teman-teman atau keluarga kamu atau makan tengah. Makan tengah biasanya lebih murah dibandingkan memasan satu piring menu yang lengkap berupa makanan pokok dan lauk, terutama jika kamu makan rame-rame sehingga bisa membagi tagihannya dengan lebih banyak orang.

Jadi, lain kali ketika kamu ketemuan dengan teman-teman atau keluarga, pesan nasi dan minum aja ya khusus untuk diri sendiri lalu bicarakan lauk mana yang mau dipesan bersama dan patungan ketika membayar. Nggak cuma lebih hemat, makan tengah bakal bikin kamu lebih dekat dengan teman-teman ataupun keluarga juga.

5. Batasi pengambilan uang tunai

cara hemat dalam membelanjakan uang jajan - batasi pengambilan uang tunai

Supaya kamu nggak lebih mudah untuk mengeluarkan uang, pastikan juga kamu membatasi berapa banyak uang tunai yang kamu bawa setiap harinya. Ketika uang tunai yang kamu bawa hanya sedikit, kamu akan cenderung lebih hati-hati dalam mengeluarkan uang untuk membeli barang atau menggunakan jasa karena merasa uang kamu terbatas banget. Hal ini karena uang tunai yang bisa kamu lihat di dompet kamu lebih sedikit, jadi kamu pun lebih berhati-hati supaya nggak kehabisan uang.

Selain itu, menurut Viva News, ketika kamu membawa uang tunai terlalu banyak, kamu bisa lebih tergoda untuk jajan hal-hal yang sebenarnya nggak kamu butuhkan lho. Walaupun kelihatannya sedikit, transaksi-transaksi kecil ini bisa bertumpuk menjadi banyak dan tanpa kamu sadari, kamu udah mengeluarkan uang yang lebih banyak dibandingkan target pengeluaran kamu. Kebiasaan transaksi-transaksi kecil dengan uang tunai itu juga membuat kamu jadi sulit melacak ke mana aja uang kamu udah dihabiskan lho. Jadi, ketika ke ATM, tetapkan batas maksimal pengambilan uang kamu dan jangan mengambil uang tunai terlalu banyak.

6. Bawa air minum sendiri saat beraktivitas

cara hemat dalam membelanjakan uang jajan - bawa air minum sendiri

Ketika kita beraktivitas sehari-hari, kebutuhan yang pasti harus kita miliki adalah air minum supaya nggak haus. Nah, seringkali kita nggak menyadari jumlah botol air minum yang kita beli dalam sehari untuk mengatasi kehausan itu.

Walaupun mungkin pengeluaran untuk membeli air minum dalam kemasan kelihatan kecil – mungkin maksimal Rp15.000 – tapi ketika ditotal setiap bulannya pengeluaran ini bisa menjadi lumayan besar lho. Harga air minum kemasan ukuran 600 ml biasanya Rp4.000. Sehari mungkin kita mengkonsumsi 2-3 botol sehari. Coba bayangkan Rp12.000 yang kamu keluarkan dalam sehari dikali 30 hari. Berarti kamu mengeluarkan sekitar Rp360.000 sebulan hanya untuk air minum lho. Lumayan banyak kan?

Jadi, daripada membeli air minum kemasan setiap harinya, lebih baik kamu membeli satu botol minum yang bisa digunakan berkali-kali dan membawa botol minum tersebut saat beraktivitas. Jadi, kamu cukup mengisi ulang botol minummu dari air galon di tempatmu beraktivitas. Selain lebih hemat uang, kebiasaan membawa botol minum sendiri ini juga hemat plastik sekali pakai lho. Kamu juga bisa lebih sehat lho karena menghindari zat berbahaya antimoni yang ada di botol air minum kemasan.

7. Download aplikasi yang memberikan promo

cara hemat dalam membelanjakan uang jajan - download aplikasi promo

Saat ini, mencari promo untuk menghemat uang jajan bukan lagi hal yang sulit dilakukan. Banyak aplikasi yang memberi berbagai jenis promosi untuk kamu sebagai penggunanya. Dengan aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa lebih gampang hidup hemat karena walaupun kamu sering bertransaksi, total transaksinya bisa menjadi lebih murah sehingga pengeluaranmu tetap terjaga.

Aplikasi yang Memberi Promo untuk Hemat Uang Jajan

Salah satu aplikasi yang pasti memberikan promo untuk kamu ketika bertransaksi dan bisa jadi cara hemat dalam membelanjakan uang jajan adalah Cashbac – aplikasi yang memberikan instant cashback untuk tiap transaksi dengan aplikasinya. Jadi, setiap kamu makan, perawatan diri, atau belanja, kamu bisa tetap hemat uang jajanmu. Cara menggunakannya gampang banget: cukup download aplikasinya, registrasi dengan kartu kredit/kartu debit kamu, dan lakukan transaksi untuk mendapatkan instant cashback. Cashback yang kamu dapatkan ini bisa langsung kamu gunakan untuk transaksi selanjutnya atau kamu simpan untuk transaksi di kemudian hari lho.

Ingin cara hemat dalam membelanjakan uang jajan yang bisa bikin kamu lebih nggak boros lagi? Kamu bisa memanfaatkan extra cashback dari Cashbac lho! Cukup lakukan registrasi dengan kartu dari salah satu bank partner Cashbac dan kamu bakal dapat cashback berkelipatan untuk setiap transaksi kamu lho.

Jadi, hidup hemat itu nggak perlu bikin kamu ribet. Banyak cara hemat dalam membelanjakan uang jajan yang bisa kamu lakukan dengan mudah lho. Cukup menerapkan tips dan trik dari Cashbac, kamu pasti bisa mengurangi pengeluaranmu sehari-hari. Selamat hidup hemat!

Sumber: www.cashbac.com/blog

Post Author: admin