Data Dan Fakta Usai Liverpool Kalahkan Man City

Jakarta – Liverpool meraih kemenangan 3-1 atas Manchester City pada lanjutan pertandingan Liga Premier Inggris 2019-2020. Hasil tersebut memperpanjang rekor bagus The Reds di laga kandang serta Pep Guardiola yg masih sulit menang dari Jurgen Klopp.

Pada pertandingan yg berlangsung di Anfield, Minggu (10/11/2019) malam WIB, City sedikit lebih unggul dalam penguasaan bola 52 persen berbanding 48 persen. The Citizens juga lebih kadang melepaskan percobaan dengan 11 shots, tiga diantaranya on target.

Namun demikian, Liverpool bermain lebih efisien. Si Merah melepaskan lima shots on goal dengan tiga diantaranya berujung gol. Diawali gol Fabinho pada menit keenam, kemudian Mohamed Salah menit ke-12 serta Sadio Mane menit ke-51. The Citizens hanya mencetak satu gol dari Bernardo Silva pada menit ke-78.

Dengan hasil tersebut Liverpool semakin kokoh di puncak klasemen dengan mengemas 34 poin dari 12 laga, unggul sembilan poin dari City yg melorot ke peringkat empat di bawah Leicester City (26) dan Chelsea (26).

Bagi Si Merah, kemenangan atas City memperpanjang catatan tidak terkalahkan mereka di liga musim ini. Selain itu, Guardiola belum dapat memperbaiki rekor rapat dengan Klopp. Ia telah delapan kali kalah dari Klopp di seluruh kompetisi, jumlah tersebut tiga kali lebih banyak daripada melawan pelatih-pelatih lainnya.

Berikut data dan fakta usai Liverpool mengalahkan Manchester City

– Liverpool telah memenangkan 11 dari 12 pertandingan pertama Liga Premier Inggris musim ini dan memimpin klasemen dengan keunggulan delapan poin dari posisi kedua. Hanya Manchester United yg memiliki selisih poin lebih besar setelah 12 pertandingan di Liga Premier Inggris (selisih 9 poin) pada 1993-94.

– Guardiola lebih banyak menelan kekalahan tandang di Anfield melawan Liverpool daripada mengalaminya di stadion yang lain pada seluruh kompetisi (empat kekalahan).

– Raihan 25 poin City setelah 12 laga menjadi yg terendah pernah dialami Guardiola ketika membesut tim di liga top Eropa, dan buat pertama kalinya berjarak lebih dari tiga poin dari pemuncak klasemen sementara (berselisih sembilan poin dari Liverpool).

– Ini yaitu kali kedua City kemasukan tiga gol pada pertandingan Liga Premier Inggris (juga 3-2 melawan Norwich), skor serupa juga terjadi ketika mereka kalah dari Crystal Palace pada Desember 2018.

– Liverpool tidak terkalahkan pada 17 laga kandang terakhir mereka melawan Manchester City di Liga Premier Inggris (12 menang, 5 imbang) sejak kalah 2-1 pada Mei 2003.

– Mohamed Salah sudah terlibat pada 69 gol dari 60 penampilan di Anfield bagi Liverpool pada segala kompetisi (51 gol, 18 assists), mencetak gol dalam tiga dari empat laga kandang melawan Manchester City pada periode tersebut.

– Gol Fabinho tercatat menjadi yg kesembilan tercipta dari luar kotak penalti di segala kompetisi musim ini. Lebih banyak dari yg pernah dibuat tim Liga Premier Inggris lain.

– Sadio Mane telah mencetak 22 gol di ajang Liga Premier Inggris ketika Liverpool main di Anfield. Jumlah tersebut lebih banyak dari yg dibuat pemain yang lain di satu stadion.

– Untuk pertama kalinya sejak Desember 2016, Manchester City kemasukan dua gol dalam 15 menit awal pertandingan Liga Premier Inggris. Sebelumnya, mereka mengalaminya ketika jumpa Leicester City.

– Sejak awal musim lalu, Andrew Robertson telah melepaskan 15 assists di Liga Premier Inggris. Ia hanya kalah dari pemain Bournemouth, Ryan Fraser yg tercatat telah memberikan 16 assists.

– Ini menjadi pertandingan kesembilan Sergio Aguero menghadapi Liverpool bersama Manchester City di Anfield di seluruh kompetisi. Tak sekalipun Aguero mampu mencetak gol di kandang Liverpool, dari total 14 shots tanpa ada yg mampu berujung gol.

Sumber: BBC
Sumber: http://bola.inilah.com

Post Author: admin