Pasar Smartphone Mulai Bergairah

Massachusetts – Setelah lesu selama tujuh kuartal berturut-turut, pasar smartphone global kini kembali akan bergairah. Samsung masih tetap menjadi penguasa pasar smartphone global dengan pangsa pasar 21,8 persen.

Berdasarkan lembaga riset pasar IDC, penjualan smartphone di kuartal ketiga (Q3) tahun ini tercatat di angka 358,3 juta unit, meningkat 0,8 persen dibandingkan periode yg sama tahun lalu.

Angka tersebut juga meningkat 8,1 persen seandainya dibandingkan dengan Q2 di tahun yg sama.

Menurut IDC, peningkatan ini terjadi karena performa sejumlah smartphone bikinan pabrikan China yg kian sukses buat menarik minat masyarakat India.

Huawei sendiri, yg notabene perusahaan yang berasal China, mencatat pertumbuhan yg paling signifikan dibandingkan vendor lain.

Pangsa pasar Huawei tercatat di angka 18,6 persen, naik 28,2 persen dibandingkan periode yg sama pada 2018.

Berdasarkan data IDC, dengan besaran pangsa pasar tersebut, Huawei berhasil mengapalkan sekitar 66,6 juta unit smartphone atau 14,6 juta unit lebih banyak dibandingkan Q3 tahun lalu.

Hal ini mampu dibilang bagus buat Huawei. Sebab, semua persoalan yg menerpa perusahaan didikan Ren Zhengfei itu, seperti pemblokiran oleh AS, agaknya tidak melumpuhkan bisnis Huawei.

Terlepas dari Huawei, seandainya dilihat deretan lima besar merek smartphone global, Samsung sendiri masih bertengger di posisi teratas dengan market share sebesar 21,8 persen dan penjualan smartphone 78,2 juta unit.

Meski tak sebesar Huawei, Samsung dapat meningkatkan pangsa pasarnya sebesar 8,3 persen, atau dapat dibilang berhasil menjual 6 juta unit smartphone lebih banyak dibandingkan periode yg sama tahun lalu.

Peningkatan ini tidak terlepas dari Samsung yg selalu menggelontorkan seri Galaxy A terbarunya, juga kehadiran dari seri flagship teranyar Galaxy Note 10.

Di bawah Samsung dan Huawei, ada Apple, Xiaomi, dan OPPO dengan masing-masing pangsa pasar 13 persen, 9,1 persen, dan 8,7 persen.


Sumber: http://teknologi.inilah.com

Post Author: admin